JENIS JENIS KAIN UNTUK MEMBUAT GAUN KEBAYA 

JENIS JENIS KAIN UNTUK MEMBUAT GAUN KEBAYA 

Kebaya merupakan pakaian adat yang saat ini telah berkembang pesat dengan berbagai variasi model yang sangat beragam. Saat ini kebaya tidak hanya berupa pakaian yang digunakan untuk nenek moyang kita melainkan berubah menjadi sebuah pakaian yang sangat familiar di kalangan anak muda. Kebaya saat ini tidak hanya memanfaatkan sebuah kain brokat dan jarik saja melainkan dapat diubah menjadi sebuah gaun yang lebih indah dan lebih modern. Gaun kebaya saat ini cukuplah beragam, dimana kita dapat menemukan model kebaya yang satu dini dimana saja. Banyak bisnis online yang menjual berbagai model kebaya yang lebih modern dengan kualitas terbaik. Namun tetap mempertahankan ciri khas kebaya itu sendiri dengan menggunakan kain brokat. Kebaya jaman dulu di bagi menjadi beberapa jenis. Yang pertama ialah kutu baru, kutu baru merupakan model kebaya yang sangat simple biasanya menggunakan kain biasa tanpa tambahan brokat dan di padu padankan dengan rok jarik pada umumnya. Jenis kebaya yang kedua ialah kebaya brokat modelnya biasanya lebih panjang dan lebih besar dibanding dengan model kutu baru. Namun saat ini kita bisa mendapatkan berbagai macam model kebaya yang lebih modern dan lebih lengkap.

Jenis jenis kain yang biasanya digunakan untuk membuat kebaya cukuplah beragam dan bervariasi. Apalagi saat ini sedang familiar dengan kebaya yang memiliki bentuk seperti gaun, model kebaya yang satu ini dapat dikatakan sebagai model kebaya modern yang banyak diminati anak anak muda. Untuk anda yang belum tau jenis jenis kain yang dapat anda gunakan untuk membuat kebaya. Simak beberapa ulasan di bawah ini:

  • Kain brokat

Kain brokat merupakan salah satu ciri khas dari baju kebaya. Kain brokat sendiri memiliki efek yang timbul sehingga menjadi daya tarik tersendiri dari kebaya. Kain brokat memiliki dekorasi yang penuh pada setiap kainnya itulah yang menjadi ciri khas dari kain brokat. Kain brokat menjadi salah satu bahan utama pembuatan kebaya yang sering digunakan. Selain dapat digunakan sebagai baju kebaya kain brokat juga dapat digunakan sebagai aksen pada pakaian tertentu. Hal itu dikarenakan saat ini kain brokat telah berkembang dan memiliki pola serta desain kain yang cukup beragam.

  • Kain organdi

Kain yang satu ini biasanya digunakan sebagai aksen kain kebaya atau gaun kebaya. Teksturnya yang sedikit licin dan halus serta efek berkilau pada kain ini membuat kain ini tampak lebih glamor dan mewah. Jenis kain ini memiliki efek volume dan puffy itulah yang menjadi daya tarik tersendiri dari kain tersebut.

  • Kain tulle

Kain tulle merupakan salah satu kain yang sering kali digunakan untuk dijadikan sebagai rok tutu. Kain tulle sendiri memiliki ciri khas yaitu bentuk yang sangat tipis dan transparan. Untuk kebaya biasanya kain tulle dijadikan sebagai aksen pada kebaya. Hampir sama dengan brokat namun kain tulle lebih modern dan lebih ringan. Kain tulle pada umumnya hanya berwarna polos saja namun saat ini dapat menemukan kain tulle dengan perpaduan manik manik yang cukup beragam sehingga membuat aksen kain tulle menjadi lebih indah dan lebih unik. Kekurangan dari kain tulle ini sendiri ialah murah sobek dan tidak boleh sembarang ketika mencucinya. 

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close