JENIS KAMBING YANG BANYAK DIGUNAKAN ORANG UNTUK BETERNAK

Sebelum anda merintis usaha peternakan kambing yang akan anda jalani, anda harus mempertimbangkan banyak hal diantaranya menentukan desain kandang, pakan yang akan digunakan, komboran kambing, dan yang sangat terpenting saat akan menggunakan jenis kambing apa yang akan anda pelihara. Pemilihan jenis kambing menjadi kunci penentu keberhasilan beternak kambing, karena dengan cara ini kita bisa mengetahui karakteristik kambing itu sendiri mengenai apakah cocok untuk dibudidayakan di tempat anda, dan mengetahui jenis penyakit yang bisa menyerang kambing anda. Dengan anda mengetahui terlebih dahulu karakteristik kambing tersebut anda bisa melakukan pencegahan bila kambing yang anda pelihara terserang penyakit, sehingga usaha yang anda kelola akan untung besar dan tidak mengalami kerugian. Adapun jenis kambing yang cocok di gunakan untuk peternakan di antaranya:

  • Kambing etawa

Kambing etawa banyak dipelihara peternak karena kambing jenis ini memiliki postur tubuh yang besar, dan untuk pertumbuhan kambing etawa sendiri sangatlah pesat karena kambing etawa peranakan antara kambing PE dan peranakan kambing asli negara India. Kambing etawa jantan dewasa pada umumnya memiliki berat mencapai 120 kg, sedangkan kambing etawa betina dewasa memiliki berat mencapai 90 kg. Kambing etawa betina selain dijadikan kambing konsumsi juga dijadikan kambing perah yang dalam sehari kambing etawa bisa menghasilkan 2 liter susu per hari.

  • Kambing boer

Kambing boer juga termasuk kambing yang disukai oleh peternak kambing. Dikarenakan kambing boer merupakan jenis kambing pedaging unggul. Untuk pertumbuhan kambing  boer sendiri sangatlah cepat, Kambing boer jantan dewasa pada umumnya memiliki berat mencapai 120 kg, sedangkan kambing boer betina dewasa memiliki berat mencapai 90 kg. Kambing boer memiliki badan lebar dan panjang, bulunya dominan putih, dan memiliki kepala yang besar.

  • Kambing merino

Kebanyakan orang pasti belum mengetahui kambing yang satu ini. Kambing merino merupakan kambing yang banyak kita jumpai di daerah dieng wonosobo, dikarenakan kambing yang satu ini sangatlah cocok di kembangkan di tempat yang dingin. Domba merino memiliki ciri memiliki bulu wol yang menutupi seluruh badan nya, domba merino jantan dewasa pada umumnya memiliki berat mencapai 81 kg, sedangkan kambing  merino betina dewasa memiliki berat mencapai 65 kg. kambing merino selain dijadikan kambing pedaging, para peternak kambing merino memanfaatkan bulu kambing merino yang berwarna putih dan halus digunakan sebagai kain wol. Kambing merino dapat menghasilkan wool dalam setahun mencapai 6,4 kg dan bahkan sampai 8,2 kg wool tergantung besar kecil kambing merino tersebut.

  • Kambing kacang

Kambing kacang merupakan kambing asli indonesia, kambing kacang memiliki tubuh yang agak kecil namun jangan salah walaupun memiliki tubuh yang kecil, kambing kacang merupakan kambing penghasil daging yang bagus. Kambing kacang sangatlah mudah beradaptasi dengan lingkungan, sehingga kambing kacang biasanya di kembangkan sebagai kambing peranakan.

Nah beberapa penjelasan mengenai kambing yang saya berikan untuk anda para pemula bisnis peternakan kambing. Semoga anda semua sangat jelas mengenai penjelasan yang kami berikan mengenai jenis kambing yang cocok untuk diternakkan. Dan pastinya anda mempunyai perkiraan kambing apa saja yang cocok diternakkan di tempat anda yang setiap daerah pasti memiliki iklim dan cuaca yang berbeda.

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close