Langkah-langkah Melakukan Pengecekan Genset dengan Mudah

No Comments

Test Load Genset perlu dilakukan untukĀ  mengetahui ketahanan dan kapasitas genset. Tujuan dari Genset atau Generator Set yaitu menyediakan sumber daya yang kekuatannya bisa digunakan untuk menghidupkan perangkat listrik komersial. Tes atau pengujian perlu dilakukan agar bisa memberikan perawatan dan pencegahan kerusakan yang bersifat komprehensif.

Langkah-langkah Melakukan Test Load Genset

Test Load Genset yaitu pengujian Genset menggunakan load bank atau dummy load. Load bank akan membantu untuk memastikan bahwa generator bisa digunakan sepenuhnya secara optimal dan mengetahui titik batas penyimpanan daya genset. Load bank testing genset juga dapat diartikan sebagai kegiatan pemeriksaan dan penilaian terhadap generator set.

Cara melakukan test genset yang pertama yaitu mengecek kapasitas semua tingkat komponen dalam kondisi baik. Seperti volume oli yang sesuai, bahan bakar dan air radiator yang tidak penuh. Jika ada volumer prosedur yang tidak sesuai, maka Anda tinggal menambah hingga mencapai suhu operasi normal.

Langkah selanjutnya yaitu perhatikan dan mendengarkan kondisi mesin. Jika ada yang dirasa aneh, perhatikan komponen yang didalamnya apakah masih dalam batas normal atau tidak. Jika mesin masih memungkinakan untuk melanjutkan test, silahkan lanjutkan tetapi jika tidak langsung dimatikan dan diperbaiki.

Jika pengujian berlanjut, lakukan penambahan daya atau beban secara bertahap pada setiap beban daya yang mengalir. Sebaiknya menggunakan instalasi MCB pada genset lebih dari satu agar mempermudah dalam pembagian beban.

Periksa setiap output genset menggunakan voltmeter dan amperemeter. Pastikan nilai yang dihasilkan sama dengan nilai yang tertera pada buku petunjung genset. Jangan lupa untuk mencatat sebagai bahan perbandingan tes genset berikutnya.

Perhatian beban genset tetap stabil selama pengujian dilakukan. Catat hal-hal yang menurut Anda tisak biasa dan kemudian mematikannya dengan cara yang benar. Cara yang benar dalam mematikan genset yaitu menunggu beban dilepas secara bertahap dan membiarkan genset menyala dalam kondisi bebas beban sekitar setengah jam.

Jika anda tidak memiliki load bank tetapi ingin melakukan Test Load Genset, Anda dapat menyewa di https://sewatama.com/id/. Kami menyediakan sewa load bank berkualitas yang akan membantu Anda menguji genset. Kami memiliki beberapa jenis load bank yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan seperti inductive, electronic, capacitive dan resistive.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *