TIPS MEMBUAT BAJU TIE DYE SEDERHANA DAN MUDAH

TIPS MEMBUAT BAJU TIE DYE SEDERHANA DAN MUDAH

Baju tie dye merupakan jenis baju yang saat ini sangat familiar di kalangan anak muda. Model baju yang satu ini memadupadankan warna yang abstrak dengan perpaduan warna warna yang beragam dan unik. Model baju tie dye mulai terkenal dari tiktok ketika anak muda membuat video bagaimana cara membuat baju tie dye dirumah dengan sederhana dan mudah. Memang pada umumnya cara membuat baju tie dye sangatlah mudah. Dimana kita tidak memerlukan banyak bahan dan alat untuk membuat baju tie dye tersebut. Bahan utama yang kita butuhkan ialah kaos polos warna hitam atau putih dan pewarna pakaian serta secukupnya air saja. Cara pembuatannya pun sangatlah mudah, akan tetapi tidak sedikit orang yang gagal ketika membuat baju tersebut. Sehingga menghasilkan baju yang tidak berwarna atau bahkan warnanya menjadi tidak rata. Saat ini model baju tie dye telah berkembang cukup pesat, dimana tidak hanya baju saja yang dijadikan bahan utama untuk membuat baju tie dye melainkan dapat berupa totebag, celana kain, baju, dan masih banyak lagi. Bagi anda yang ingin membuat baju tie dye agar tidak mudah luntur, simak beberapa tips di bawah ini:

  • Pilih pakaian berwarna netral

Tips pertama yang harus anda lakukan adalah untuk memilih pakaian dengan warna netral untuk mendapatkan baju tie dye yang nyata dan tidak luntur. Biasanya untuk membuat baju tie dye tersebut menggunakan baju berwarna putih atau hitam. Hal itu dikarenakan warna pada baju akan terlihat lebih nyata dan terang. Pemilihan bahan baju yang tepat juga mempengaruhi hasil baju tie dye yang dibuat.

  • Menggunakan pewarna atau pemutih

Pada umumnya baju tie dye menggunakan pemutih dan akan menghasilkan warna oren kemerahan pada pakaian yang berwarna hitam. Akan tetapi saat ini baju tie dye telah berkembang cukup pesat dengan perpaduan warna warna yang lebih beragam dan lebih menarik. Sehingga anda bisa mengkreasikan warna pada baju tye die anda sesuai dengan apa yang anda inginkan. Berbeda dengan pemutih yang hanya dengan menyiramkan cairan di atas baju yang akan digunakan. Dengan menggunakan pewarna pakaian kita perlu mencairkan pewarna pakaian dengan sedikit air agar mudah untuk menyebar ke seluruh permukaan baju.

  • Merendam baju terlebih dahulu

Tips yang ketiga adalah dengan merendam baju yang akan anda gunakan untuk membuat baju tie dye tersebut. Hal itu dikarenakan baju yang basah akan membuat tingkat penyebaran warna pada baju dengan mudah dan cepat. Sehingga tidak membutuhkan pewarna yang cukup banyak untuk membuat baju tye die. Setelah itu diamkan beberapa saat dan bilas dengan air yang bersih.

  • Menggunakan Teknik ikat

Tips membuat baju tie dye yang terakhir adalah dengan menggunakan Teknik ikat. Teknik ikat pada baju tie dye menjadi ciri khas tersendiri. Teknik tersebut berguna untuk membuat warna yang di gunakan membentuk pola pola abstrak yang unik dan menarik. Pola itulah yang menjadi daya tarik tersendiri dari model baju tie dye. Caranya hanya dengan merendam baju tie dye kedalam air terlebih dahulu lalu mengikatnya dengan menggunakan karet sesuai dengan apa yang anda inginkan. Lalu siram baju tadi dengan pewarna setelah itu masukan kedalam wadah atau plastik, tutup rapat, tunggu semalaman dan bilas keesokan harinya. 

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close