TIPS MENYIMPAN MAKANAN AGAR TIDAK MUDAH BASI

Tips Menyimpan Bahan Makanan Agar Tahan Lama - Ibupedia

Bagi anda yang sudah berumah tangga atau bahkan bagi anda yang hobi menghabiskan waktu di dapur, pasti anda seringkali menemukan makanan yang sudah basi padahal belum lama anda membelinya. Apalagi jika makanan basi tersebut tercampur dengan makanan yang lainnya, sehingga menyebabkan makanan yang lainnya pun akan mudah rusak juga. Mudah basinya sebuah makanan ternyata dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya suhu ruangan. Masa basi sebuah makanan itu berbeda beda ada yang satu hari satu malam sudah membusuk ada juga yang hampir 3 hari disimpan tidak membusuk. Tetapi jangan salah jika kita menyimpan makanan dengan benar dan sesuai hal itu akan membuat masa busuknya pun berkurang dan akan membuat makanan tahan lama.  Jika kita hanya menyimpan makanan diatas meja saja tanpa kita masukan kedalam lemari es mungkin makanan itu akan mudah basi akan tetapi jika kita masukan ke dalam lemari es masa basi makanan tersebut akan lebih lama. Suhu ruangan dengan suhu lemari es memang berbeda sehingga menyebabkan perbedaan masa basi sebuah makanan. 

Dibawah ini beberapa tips menyimpan makanan agar tidak mudah basi:

  • Sayuran

Bagi anda yang memiliki sayuran seperti selada, bayam, atau sayuran lainnya anda bisa menggunakan cara ini. Caranya cukup mudah anda hanya cukup menyediakan toples plastik lalu cuci botong sayur pisahkan dari tangkai dan daunnya ambil bagian yang akan diolah setelah di itu cuci bersih sayuran tersebut lalu masukan ke dalam toples yang sudah dipersiapkan lalu masukkan dalam kulkas. Hal ini akan membuat masa basi pada sayuran tersebut semakin lama, dan juga akan membuat kulkas tampak rapi tidak berserakan.

  • Daging atau ikan

Untuk menyimpan daging atau ikan anda bisa melakukan dengan berbagai cara. Pada umumnya daging atau ikan jika sudah dimasukkan ke dalam freezer akan tahan lama akan tetapi ada juga orang yang memarinasi terlebih dahulu daging tersebut lalu masukkan kedalam kulkas guna apa bila akan dimasak bisa langsung dimasak tanpa harus menghaluskan bumbu.

  • Buah 

Menyimpan buah cukup mudah kita hanya susun dengan rapi di kulkas saja sudah akan menghambat masa basinya. Akan tetapi saya menyarankan jika anda paham mengenai masa basi buah anda bisa menyisihkan buah yang masa basinya lebih cepat. Dimana buah yang masa basinya lebih cepat akan mempengaruhi buah lainnya untuk mudah basi. Jadi anda bisa memasukan buah pada dua wadah yang berbeda dan pisahkan buah yang cepat basi dengan buah yang tahan lama.

  • Roti dan cake

Roti dan cake memiliki sifat yang sama dimana sama sama tidak kuat dengan suhu ruangan. Jika anda membeli roti sebaiknya segera dihabiskan karena roti hanya dapat bertahan selama 3 hari saja. Atau anda bisa memasukan roti ke dalam lemari es, atau bagi anda yang memiliki aluminium anda bisa membungkus roti dengan kertas aluminium atau dengan bungkus plastik dengan rapat.

  • Bumbu dapur

Pada umumnya bumbu dapur memiliki masa basi yang cukup lama dimana masa basi pada bumbu dapur berbeda beda seperti cabe, bawang merah, putih dan masih banyak lagi. Untuk itu anda bisa memasukan bumbu kedalam sebuah wadah lalu ditutup hingga rapat dan di masukan ke dalam lemari es.

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close